Bisnis pertanian yang menjanjikan menjadi incaran mereka yang ingin bergelut di bidang pertanian. Apalagi bagi mereka yang baru memulai terjun di bidang pertanian, mereka kerap mencari peluang bisnis pertanian dengan modal minim tapi hasilnya menjanjikan.

Bidang pertanian sekarang menjadi hobi yang sedang banyak diminati masyarakat dunia maupun Indonesia karena adanya pandemi. Kondisi ini memaksa sebagian masyarakat untuk lebih banyak “di rumah saja”. Mereka akhirnya banyak yang memilih untuk dekat dengan pertanian. Terutama di perkotaan, masyarakat banyak yang memilih menjadi petani urban dadakan.

Dari hobi menghasilkan uang, inilah nilai tambah jika memperdalam ilmu bidang pertanian. Karena ternyata bisnis pertanian bisa dijadikan uang tambah yang menjanjikan saat ini.

Beberapa bisnis pertanian yang menjanjikan dengan modal minim

Bisnis pertanian yang menjanjikan
Ilustrasi bisnis pertanian

1. Menjual pupuk organik buatan sendiri

Membuatnya mudah tetapi manfaatnya segudang. Pupuk adalah bahan utama pertumbuhan tanaman agar subur dan sehat. Sebenarnya jika ada kemauan semua akan terlihat mudah, tidak ubahnya dengan menciptakan kompos sendiri.

Bahkan pupuk bisa dibuat sendiri dengan berbagai bahan yang mudah ditemukan. Contohnya saja kompos, mudah membuatnya. Bahan yang dibutuhkan hanya sampah sisa makanan, tanah, dan air. Dicampur didiamkan 3 minggu. Siap untuk dijual dengan nama produk itu sendiri.

2. Usaha menjual tanaman hias

Ini dia hobi yang sedang banyak digandrungi saat ini. Bisa dibilang sedang hits dikalangan masyarakat yang lagi menjalani program “di rumah saja”. Karena penyebaran virus semakin memburuk membuat beberapa masyarakat memilih tetap dalam rumah dan mencari hobi seperti merawat tanaman.

Tanaman hias menjadi salah satu pilihan bisnis pertanian yang menjanjikan. Selain bisa mengisi waktu luang, nilai tambahnya adalah juga bisa mempercantik pandangan teras rumah Anda. Menjualnya dengan ilmu merawatnya menjadi bisnis yang menjanjikan sekarang.

3. Membudidayakan Rempah-rempah khas Indonesia

Membicarakan rempah-rempah memang tidak ada habisnya. Karena selain banyak manfaat, tanaman satu ini sekarang digadang-gadang sebagai imun booster terbaik. Selain natural, menanamnya mudah dan bisa diolah menjadi apapun.
Membudidayakannya menjadi bisnis kecil dengan untung besar. Karena bisa membuat beberapa produk dengan menanam bahannya sendiri. Contoh saja minuman racikan wedang uwuh. Bisa dijual menggunakan nama produk kita sendiri.

Membicarakan tentang bisnis sebenarnya banyak dan bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya tiga atau lima. Walaupun itu dalam bidang pertanian.

4. Budidaya sayur organik

Sayur organik merupakan sayur yang di budidaya tanpa bahan kimia sintetis. Dengan model budidaya seperti itu, diharapkan dapat memperkecil senyawa toksin/racun yang masuk dalam tubuh.

Jenis sayur yang di budidaya secara organik berkembang pesat peminatnya di kota besar.  Masyarakat kota bisa menjadi petani urban. Memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam.

Saat pandemi seperti ini merupakan momen yang bagus untuk menjual produk organik. Karena banyak yang beranggapan bahwa sayur organik bisa meningkatkan imun tubuh.

Sistem penjualan bisa menggunakan sistem deliveri seperti penjual sayur organik di Malang  yang sudah lama terjun di bidang pertanian organik.

Bisnis pertanian membutuhkan keahlian dan hobi bercocok tanam. Keinginan berbisnis harus segera dimulai, jangan pakai takut ya.

%d bloggers like this: