Batik Di Indonesia, Wujud Apresiasi Manusia Terhadap Alam

  • Whatsapp

Batik di Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Mengikuti perkembangan cipta, karsa, dan karya manusia.

Konon, awalnya batik tidak di aplikasikan di kain. Namun di lontar (media menulis jaman kuno yang terbuat dari daun siwalan). Adapun motifnya berupa bentukan menyerupai tumbuhan dan hewan.

Read More

Hingga kini sangat banyak jenis batik. Bahkan motif juga tidak monoton bentukan tumbuhan dan hewan. Tokoh pewayangan, manusia, dan garis (geometris) juga mewarnai perkembangan batik.

batik-di-indonesia
Batik dengan motif tumbuhan: batik-online-shop.blogspot.com

Filosofi Batik Di Indonesia

Batik merupakan bentuk apresiasi manusia terhadap ciptaan Tuhan yang berupa alam. Kain bergambar tersebut mengambil sampel alam sekitar sebagai bentuk yang tergambar dalam motifnya.

Batik merupakan ciri khasnya Indonesia. Menjadi hak paten Indonesia. Meski dulu pernah menjadi permasalahan dengan negara tetangga akibat hak paten batik mau diambil oleh negara lain.

Cari yang Jual batik di Tuban? ke Versia Batik saja !

Berkat batik, hingga saat ini banyak pengusaha batik di Indonesia. Mereka terlibat dalam produksi, pemasar/penjual, agen, dll. Salah satu penggemar batik dan menjadikannya sebagai usaha jual batik di Tuban adalah perempuan Tuban, Nur Rocma namanya.

Perempuan yang juga terlibat dalam dunia blogging ini memulai usaha batik hingga kini. Di tengah-tengah kesibukannya mengurus rumah tangga, Nur Rochma menyempatkan diri memulai bisnis batik. Mengusung branding: VERSIA BATIK.

Berbagai jenis batik di jual di versia batik. Kalau penasaran bisa langsung datang ke toko versia batik di Jalan AKBP Suroko No 21 Tuban. Atau di akun instagram: @versia.batik.

Memulai usaha batik tidak lah mudah. Butuh belajar banyak hal. Terutama marketing. Apalagi persaingan usaha batik di Indonesia juga kian meningkat baik offline maupun online.

Bahkan pengusaha batik/ pakaian jenis lain juga banyak yang menggunakan kedua metode secara bersamaan, online dan offline. Hal ini juga senada dengan yang dilakukan Nur Rochma dalam mengembangkan branding batiknya. Yakni menggunakan cara onlive via instagram dan offline dengan membuka gerai.

Sudah mengintip akun instagram versia batik? Tentukan pilihanmu, dan beli sekarang juga.

Beli batik merupakan salah satu wujud melestarikan budaya Indonesia dan cinta Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *