Pingin Suasana Beda? Yuk Ke Pasar Kawulo Singhasari

  • Whatsapp

Pasar kawulo singhasari. Sebuah tempat wisata yang dibangun belakangan ini oleh masyarakat Purwoasri, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Pasar tersebut didesain dengan konsep jadul (jaman dulu).

Penamaan pasar juga diambil dari bahasa jadul. Kawulo merupakan bahasa jadul dari kata rakyat. Pasar kawulo berarti pasar rakyat.

Apa saja yang menarik di pasar kawulo singhasari?

Banyak hal yang ditawarkan oleh pasar lawas di jaman modern seperti sekarang. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

Pasar kawulo Singhasari ini dibangun dengan mengusung basis kuliner tempo dulu. Berbagai makanan dan minuman tempo dulu yang dijual di tempat ini. Nogosari, klepon, ongol-ongol, lemper, ketan cambah, gorengan. Bungkusnya pun di buat se jadul mungkin, menggunakan daun dan kertas.

Selain makanan basah, ada juga makanan kering berupa kerupuk samiler, keripik singkong, dan lainnya. Bungkusnya kertas lho, bukan plastik. Keren bukan?

Pasar kawulo singhasari
Aneka kue basah jaman dulu yang dijual di pasar kawulo singhasari: GMB pasar

Kamu yang haus habis cemal-cemil disana bisa mampir ngombe sek rek. Ngombe lawasan. Ada es teler, es gandul, es dawet, dan es jenis lainnya.

Harga makanan dan minuman sangat terjangkau mulai 5000 saja.

Kalau bawa anak kecil, mau beli mainanan, ada yang jual wayang-wayangan. Biar si anak mengenal mainan lawasan.

Baca Juga: Kolam Pemancingan Gratis Di Malang, Yuk Ke Bumiayu

Ada juga area memanah yang bisa digunakan untuk olahraga sunah bagi muslim.

Untuk menikmati kuliner dan berbagai jualan lainnya tidak menggunakan alat tukar uang. Melainkan pakai alat tukar jadul dengan beberapa istilah sebenggol yang setara dengan Rp 5000, sekethip Rp 10000, karobelah Rp 15000, dan setali setara Rp 25000. Sebelum beli berarti menukarkan uang dengan alat pembayaran jadul tersebut. Baru kemudian digunakan untuk membeli di sana.

Pasar kawulo singhasari
Seorang anak sedang menukarkan alat tukar pengganti uang di pasar kawulo Singhasari: GMB pasar

Suana pendukung seperti tempat jualan juga menggunakan cara jadul. Yakni menggunakan rangka kayu dan bambu. Serta atap sejenis jerami daun palem.

Tidak ketinggalan suasana alamnya dibuat senatural mungkin. Lantai di biarkan tanah dan banyak pohon.

Konsep jadul tersebut juga dilengkapi dengam konsep yang instagramable. Banyak spot foto yang bisa kamu abadikan dengan jepretan kamera. Bisa bikin feed instagram kamu makin kece. Pasti kamu gak nyesel ke tempat ini.

Baca Juga: Produksi Pupuk Gapoktan Dewi Ratih Sukoanyar Terkendala Hujan

Bahkan kamu bisa mengabadikan momen praweding kamu di sini lho. Yang pasti gak bikin kamu kecewa.

Kalau kamu mau ke pasar kawulo singhasari kamu bisa cek lokasi di sini. Pastikan kamu bawa kamera untuk mengabadikan momen jadul di sana ya 😊😊




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *