meningkatkan kualitas durian
Ilustrasi durian unggul: epetani.com

Cara Meningkatkan Kualitas Durian

Posted on
meningkatkan kualitas durian
Ilustrasi durian unggul: epetani.com

Buah durian atau duren, pernah ngehits dengan aneka produk olahannya. Antara lain ketan durian, kolak durian, cake durian, dan lain-lain. Karena banyak peminatnya, petani durian berlomba-lomba menciptakan durian dengan kualitas baik. Buah besar, rasa manis, batang kokoh, akar kuat dijadikan patokan utama kualitas durian. Dengan beberapa tekhnik, mulai okulasi, sambung, seleksi dilakukan petani untuk meningkatkan kualitas durian.

Salah satu durian yang dikenal memiliki kualitas bagus adalah durian montong. Rasa dan ukurannya dianggap yang terbaik dibanding durian lain. Namun petani dengan keterampilan lebih, mereka tidak cukup puas dengan durian montong, terutama masalah ukuran buahnya. Seperti pak Warno, yang menggunakan metode menggabungkan beberapa batang pohon menjadi satu, hingga muncullah bentukan seperti kaki, sehingga disebut durian kaki dua, tiga dan seterusnya tergantung jumlah batang yang digabungkan.

Cara meningkatkan kualitas durian
Bibit durian setelah penggabungan beberapa batang: Cak Ito

Penggabungan beberapa batang durian tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas durian. Perlu cara yang benar untuk melakukannya. Menurut pak Warno, bibit durian dipilih yang buahnya bagus, yaitu durian montong. Biji durian montong didapatkan dari teman pak Warno yang biasa jualan buah durian montong. Penggabungan dimulai saat usia bibit durian masih muda, bisa dimulai saat tinggi bibit sekitar 20 cm. Sel dan jaringan tumbuhan yang masih muda lebih mudah membentuk jaringan baru, sehingga lebih mudah tersambung.

Tahapan menyambung sebagai berikut.

  • Menyiapkan bibit durian yang masih muda dengan tinggi kurang lebih 20 cm.
  • Menyiapkan media tanam dalam polibag.
  • Menyiapkan satu bibit yang akan menjadi tanaman pokok. Bibit yang dipilih harus memiliki kualitas buah yang bagus.
  • Menyiapkan bibit yang akan disambungkan dengan bibit pokok. Bibit yang digunakan dipilih dengan kualitas perakaran kuat.
  • Cara menyambungkannya dengan cara memotong batang bibit yang akan disambungkan dengan batang pokok. Cara memotongnya secara miring.
  • Batang pokok juga diiris bagian kulit dan sedikit bagian kayunya, tapi jangan sampai terpotong.
  • Menempelkan batang yang sudah dipotong dengan batang pokok tepat pada bagian yang sudah diiris.
  • Sambungan tersebut diikat dengan platik dengan erat.
  • Letakkan bibit yang sudah di sambung di tempat yang agak teduh, tapi masih ada pancaran sinar matahari pagi.
  • Biarkan sekitar 2-4 minggu untuk membuka plastik pengikat. Sambungan berhasil ditandai dengan menyatunya sambungan dengan baik dan semua batang yang disambungkan tidak kering.

Menyambung beberapa batang durian unggul tersebut dapat meningkatkan kualitas durian. Beberapa manfaat dari penggabungan tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Batang dan akar lebih kuat dibandingkan satu bibit.
  • Durian bisa cepat berbuah karena pertumbuhannya yang cepat. Hal ini disebabkan karena akar sebagai penyerap nutrisi jumlahnya lebih dari satu sehingga kebutuhan nutrisi akan cepat terpenuhi.
  • Buah durian bisa lebih besar karena ketersediaan nutrisi mencukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *