Cara Mengupas Jeruk yang Benar

Posted on

Selamat berkunjung di web Orgo ya sobat. Kali ini Bang Mimin lagi mau nulis yang ringan-ringan ajah. Mumpung lagi musimnya buah jeruk kupas. Di pinggir-pinggir jalan berjejer penjual jeruk dengan harga yang variatif tergantung jenis jeruk, kualitas dan tentunya tergantung penjualnya mau ngasih harga berapa. Kalau beli jeruk kupas, yang pertama kali harus diperhatikan sebelum makan adalah mengupas jeruk. Harus dilakukan dengan baik dan benar ya sobat biar terkupas sempurna. Untuk itu, Bang Mimin mau berbagi tips mengupas jeruk yang benar.

Kalau mau mengupas jeruk, harus tahu terlebih dahulu mana bagian atas dan bawah buah jeruk. Bagian atas, maksudnya adalah bagian yang nempel dengan tangkai buah. Bagian bawah, berarti kebalikanya.

Ngupasnya sebenarnya bisa dilakukan dari semua sisi, samping kanan-kiri, atas-bawah, bebas-bebas aja sih, tapi tentu hasil kupasan ya beda-beda.

Waduhh, Bang Mimin lama basa-basinya!

Oke, kita mulai ya.

  1. Pegang bagian bawah jeruk dengan tangan kiri.
  2. Mulai kupas dengan tangan kanan dimulai dari bagian atas buah jeruk, tepatnya di bagian bekas tangkai buah.
  3. Kupas perlahan-lahan dan usahakan kulit terkupas kebagian bawah dan kulit tidak terputus-putus. Biar rapi dan tidak berserakan kesannya.
  4. Ulangi lagi mengupas jeruk dari atas ke bawah sampai semua bagian kulit benar-benar terkelupas semua.
  5. Bersihkan serat-serat putih yang nempel pada daging buah jeruk agar jeruk tidak berbaur dengan rasa pahit.
Baca juga: waspadai penggunaan bahan kimia sintetis di bidang pertanian

Begitu cara mengupas buah jeruk ya sobat. Sebagai catatan aja, kalau mengupas sebaiknya dimulai dari bagian tangkai ke bawah biar kulit terkupas sempurna mengikuti serat kulitnya. Kalau mengupasnya terbalik, biasanya banyak serat putih yang tertinggal sehingga pengaruh ke rasa pahit.

Mengupas jeruk
Jeruk setelah dikupas:detikhealth

Setelah dikupas, lebih baiknya dicuci dulu sebelum di santap. Sebagai langkah antisipasi adanya bahan kimia sintetis yang nempel di kulit buah.

Selamat mencoba mengupas jeruk ala Bang Mimin orgomedia ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *