5 Jenis Ubi Yang Bisa Dijadikan Makanan

  • Whatsapp

Jenis ubi banyak sekali. Ada yang bisa dimakan. Ada yang tidak. Ubi jadi favorit terutama di pedesaan. Di kota, ubi jarang dilirik, kecuali sudah diubah jadi bentuk lain: bakpao, kue, dan lainnya. Padahal, ubi dengan bentuk aslinya yang lebih bagus untuk kesehatan. Lebih alami. Bahkan lebih organik: bebas bahan kimia sintetis.

Ubi atau disebut juga umbi: merupakan akar atau batang tanaman yang menggembung dan berisi cadangan makanan (biasanya amilum/karbohidrat). Oleh karena itu, ubi-ubian sering dimanfaatkan sebagai bahan pengganti beras, jagung atau gandum.

Untuk membedakan mana ubi yang berasal dari akar dan batang, caranya sangat mudah. Apabila ubi bisa tumbuh tunas maka itu termasuk ubi batang. Contohnya kentang. Jika tidak bisa tumbuh tunas, maka ubi akar. Misal singkong.

Ada 5 jenis ubi yang sering jadi santapan masyarakat, terutama masyarakat desa. Bahkan mereka suka menanam ubi-ubi tersebut. Saat musim panen ubi, dijadikan hidangan pengganjal perut.

Kelima jenis ubi yang sering jadi santapan masyarakat sebagai berikut.

1. Singkong

Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang dikenal semua kalangan. Pasalnya, jenis ubi satu ini di jadikan bahan membuat aneka olahan. Mulai singkong keju, tape, kolak, hingga tepung.

Umbi singkong

Singkong merupakan jenis umbi akar. Akar menggembung dan berisi cadangan makanan.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar atau ketela rambat merupakan jenis umbi akar. Berasal dari akar yang menggembung dan berisi cadangan makanan, layaknya singkong.

  • Macam ubi jalar

Ada banyak jenis dari ubi jalar berdasarkan warna ubinya. Ada warna ungu, kuning, dan putih. Masing-masing memiliki rasa dan tekstur khas.

3. Uwi

Uwi merupakan jenis umbi batang. Sehingga bisa digunakan untuk perbanyakan, karena bisa muncul tunas.

Umbi uwi

Uwi juga bermacam-macam. Ada uwi ungu, uwi manis, dan sebagainya. Yang paling enak adalah jenis uwi manis.

4. Gembili

Gembili mirip dengan uwi. Termasuk ubi batang. Hanya saja, morfologi umbi, daun, batang berbeda dengan uwi pada umumnya. Batang gembili yahg merambat dipenuhi dengan duri. Ubi gembili dipenuhi oleh serabut akar yang rapat. Berbeda dengan uwi, yang jarang-jarang.

Macam ubi gembili

5. Talas

Talas juga merupakan umbi batang seperti uwi dan gembili. Untuk mengkonsumsi talas, perlu di diamkan agak lama setelah panen. Agar tidak gatal di kerongkongan. Atau di rebus menggunakan garam.

Jenis umbi talas

Bagi masyarakat desa, menikmati 5 jenis ubi tersebut merupakan kenikmatan. Terutama di musim paceklik. Musim yang sulit mendapatkan panenan apapun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments