Salah satu sumber makanan sehat tidak hanya beras maupun nasi saja, ada beberapa jenis umbi-umbian yang bisa dijadikan bahan makanan di rumah. Terlebih lagi vitaminnya juga jauh lebih banyak dan mudah untuk diolah. Maka, kenali dahulu beberapa jenis ubi yang dapat dijadikan bahan makanan.

Beberapa Jenis Ubi yang Dapat Dijadikan Bahan Makanan

Umbi-umbian yang terbentuk dari bawah tanah, memiliki kandungan utama seperti karbohidrat / pati yang banyak dibandingkan jenis makanan lainnya. Di Indonesia sendiri telah tersebar banyak sekali umbi seperti singkong, kentang, talas, ubi jalar, dan lain-lain. Masing-masingnya mempunyai manfaat.

1. Singkong

Salah satu umbi-umbian yang bisa dijadikan bahan makanan pertama, yaitu singkong. Nama lain dari umbi ini adalah Manihot Esculenta, harganya yang murah menjadikannya banyak diincar masyarakat sebagai makanan favorit. Tidak hanya itu saja, bahkan bisa diolah menjadi kuliner gurih dan manis.

ubi singkong

Selain memiliki kandungan kaya akan karbohidrat, singkong ini juga diperkaya vitamin C serta zat antioksidan lainnya. Seperti misalnya asam fenolik, alkaloid, anthraquinones dan saponin. Diantara kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit. Bahkan juga mempunyai sifat anti peradangan.

2. Talas

Selain itu, ada talas sebagai umbi-umbian yang bisa dijadikan bahan makanan. Biasanya umbi ini sangat mudah ditemukan di kota Bogor, sehingga selalu menjadi buah tangan khas dari daerah tersebut. Bahkan di luar Indonesia, talas bisa menjadi bahan utama makanan serta minuman manis.

Jenis ubi

Dengan kulit luarnya yang berwarna coklat, daging umbi warna putih bercak ungu. Rasa dari dagingnya pun cukup manis dan bahkan teksturnya hampir menyerupai kentang. Talas juga merupakan salah satu bahan umbi berserat tinggi, jadi kandungan nutrisinya sangat baik untuk tubuh.

3. Uwi

Jenis umbi yang bisa dijadikan bahan makanan selanjutnya, yaitu uwi dengan nama lainnya Dioscorea Alata. Uwi ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang tidak kalah banyak dengan umbi lainnya. Namun, sayangnya potensi penanaman umbi ini semakin jarang ditanam oleh masyarakat.

uwi

Menurut penelitian, umbi uwi ini mempunyai beberapa kandungan seperti gula dan juga lemak yang jauh lebih rendah. Bahkan juga bebas gluten, sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes maupun autisme. Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang diet juga cocok makan ini.

4. Gembili

Umbi-umbian gembili merupakan salah satu jenis umbi paling banyak ditemukan di daerah di Indonesia. Dengan adanya kandungan penting seperti sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh manusia, umbi ini semakin banyak diincar masyarakat. Bahkan sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes.

gembili

Menurut informasi, gembili ini mempunyai kandungan tinggi karbohidrat yang serupa dengan ubi jalar dan juga ubi kayu. Biasanya masyarakat akan selalu memasaknya dengan cara dibakar, direbus atau bahkan dikukus terlebih dahulu. Rasa dari umbi ini sangatlah gurih, bisa juga menjadi olahan tepung.

5. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki kata lain Ipomea Batatas, merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang bisa dijadikan bahan makanan. Untuk jenis satu ini warnanya sangat bervariasi, mulai dari merah, kuning dan juga ungu. Menurut penelitian, ubi ungu dan merah adalah sumber bahan pangan paling baik.

ubi jalar

Itu karena kandungan vitaminnya sangat baik untuk tubuh, yaitu mengandung antioksidan sehingga bisa melindungi dari radikal bebas. Sifat dari antiradikal bebas ini juga dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit lain, seperti kanker, penuan dini, jantung dan penyakit kronis lainnya.

%d bloggers like this: