Wisata Dewi Sri Jabung, Wisata Kece Di Atas Hamparan Padi

  • Whatsapp

Wisata Dewi Sri Jabung, memberikan konsep wisata yang mengangkat potensi desa. Yakni bidang pertanian.

Wisata tersebut berada di Dusun Glongsor, Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Meski sebutan “Dewi Sri” untuk area lokasi tersebut berasal dari nama “Desa Wisata Sidorejo Indah”, kemudian di singkat. Namun sangat cocok dengan tema yang ditawarkan. Yaitu tentang padi.

Dewi Sri diyakini masyarakat dulu sebagai dewa padi. Biasanya, masyarakat desa sebelum tanam dan menjelang panen mengadakan semacam selametan yang bertujuan agar Dewi Sri memberikan panen yang bagus untuk tanaman padi. Memang budaya tersebut semakin lama semakin menghilang karena perubahan peradaban.

Berawal dari keinginan kepala Des Sidorejo mencari potensi baru selain hasil padi. Melihat mayoritas masyarakatnya petani, kemudian dengan area persawahan yang terbentang luas. Akhirnya muncul ide membuat wisata Dewi Sri

Pemandangan keindahan hamparan sawah hijau nan luas sangat pas untuk menghilangkan penat menyegarkan pikiran.

Ide tersebut kemudian direalisasikan dengan didukung oleh pembiayaan dari BUMDes.

Apa saja yang ditawarkan Wisata Dewi Sri Jabung?

Wisata Dewi Sri menawarkan bentangan sawah dengan jembatan bambu panjang di atasnya. Selain itu juga ada spot-spot selfi yang menarik, pondok bambu dan bunga matahari.

Spot foto dengan panorama alami persawahan sangat cocok diabadikan bersama pasangan, teman atau keluarga. Selain itu juga bisa digunakan sebagai spot praweding.

Wisata dewi sri jabung

Desa ini sudah di datangi wisatawan meskipun masih dalam proses pembangunan. Hal ini disampaikan anggota BUMDes Sidorejo Mandiri Syahrul Gunawan.

“Alhamdulillah dari segi antusias masyarakat Desa Sidorejo sendiri hampir rata-rata semua sudah datang kesini dan masyarakat luar,” ujar Syahrul Gunawan.

Dengan adanya Wisata Dewi Sri tersebut, Gunawan yang juga pemuda asli Desa Sidorejo berharap wisata tersebut mampu memberikan kemajuan untuk Desa Sidorejo.

“ Kami berharap dengan adanya wisata ini masyarakat mendapat efek pendapatan bertingkat, pengangguran berkurang, yang pasti keramah-tamahan kami jaga. Agar demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung desa kami,” tutupnya.

Kehadiran Wisata Dewi Sri Jabung, tentunya akan meningkatkan gairah perekonomian warga jika pengelola memiliki visi misi yang bagus untuk mengangkat wisata tersebut.

Jika mampu mengelola dengan baik, jelas akan banyak bermunculan mata pencaharian baru di sekitar lokasi wisata. Misalnya dagang, parkir, jasa foto, atau usaha lain terkait wisata.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment