Tips Memilih Jasa SEO untuk Lejitkan Bisnis

  • Whatsapp

Tips memilih Jasa SEO sangat dibutuhkan pengusaha berbasis pemasaran online, terutama di kota-kota besar. Apalagi saat ini perkembangan bisnis online yang semakin meningkat.

Google menjadi mesin pencari terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Sebagai tempat mencari informasi apa saja. Kesehatan, otomotif, berita, budaya, ekonomi, belanja, bisnis dan semua kebutuhan lainnya.

Ditambah lagi perkembangan pesat generasi yang gandrung dengan internet yang berakibat malas gerak (mager). Bahkan hanya sekedar belanja dengan jarak dekat itupun mager.

Inginnya, semua kebutuhan dan keinginan bisa terpenuhi melalui koneksi internet, dan diantar sampai rumah.

Sebelum membahas jauh tentang tips memilih jasa SEO, perlu dikupas apa SEO itu.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimizer. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia: optimasi mesin pencari.

Maksudnya begini: misalnya tentang usaha “Laundry Surabaya”. Dalam SEO, bagaimana nantinya pencarian dengan kata “laundry Surabaya” dan berbagai keyword turunan lainnya (laundry Surabaya murah, laundry Surabaya terdekat, laundry Surabaya recomended, dan sebagainya) bisa muncul di halaman pertama (page one) google. Itulah maksud dari SEO.

Mengapa harus page one?

Berdasarkan riset tentang dunia online, sebagian besar pengunjung internet hanya menghabiskan waktu di tampilan page one google. Page two dan seterusnya diabaikan.

Oleh karena itu, semua pengusaha dengan target pasar pengguna internet, perlu memahami cara memilih jasa SEO terpercaya.

Tips memilih Jasa SEO yang baik

Jika anda memutuskan untuk memilih menggunakan jasa SEO, sudah semestinya memilih yang tepat. Berikut ini tipsnya.

1. Pastikan sudah teruji

Teruji maksudnya sudah banyak yang menggunakan. Dan berhasil sesuai target klien, misal target page one. Atau bahkan page one list one juga.

Jasa SEO yang sudah teruji bisa di lihat di portofolio jasa SEO tersebut. Jika tidak ditampilkan di web mereka, bisa langsung ditanyakan kepada pihak penyedia jasa SEO. Pasti ada bukti link hasil kerjaan mereka tentang SEO. Seperti di jasa jasa SEO Surabaya yang sudah teruji dipakai banyak klien dan terbukti bisa sesuai target klien.

2. Pastikan ada garansi

Garansi berarti ada jaminan. Misal target klien bisa page one selama 6 bulan. Jika tidak bisa mencapai target, akan ada garansi uang kembali 100%.

Cari penyedia jasa SEO yang seperti ini agar anda tidak rugi uang, waktu, tenaga, dan pikiran.

3. Cari yang murah tapi bukan murahan

Harga murah tentu menjadi pertimbangan lebih untuk memutuskan beli sesuatu. Termasuk dalam memilih jasa SEO untuk lejitkan bisnis anda.

Murah boleh, murahan abaikan.

Prinsip itu yang harus dipegang. Buat apa murah, kalau ternyata kualitas pelayanan mengecewakan. Buang uang (meski dikit), tapi tanpa hasil.

Murah yang tidak murahan bisa dilakukan dengan membuat perbandingan antar jasa SEO satu dengan yang lainnya. Dilihat dari berbagai faktor.

Tips memilih jasa SEO

4. Lebih baik cari yang fast respon

Mengapa fast respon menjadi pilihan?

Masalah bisnis juga bergantung dari kecepatan menanggapi pertanyaan klien. Bisnis yang baik memiliki ketanggapan yang cepat terhadap klien, baik berupa komplain, pertanyaan, masukan, atau bahkan hanya obrolan ringan.

Apa jadinya kalau misal ada perjanjian di awal bisa page one selama enam bulan. Ternyata setelah sebulan sudah bergeser ke page two yang jarang dilirik pembaca. Mau konfirmasi ke penyedia jasa SEO ternyata lama respon. Hubungi sekarang, direspon besoknya. Ini pasti mengecewakan.

5. Memiliki legalitas usaha

Legalitas apapun yang penting bisa dipertanggungjawabkan. Kalau bisa berbadan hukum.

Legalitas paling sederhana saat ini bisa berbentuk Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Bisa juga berbentuk CV atau PT. Legalitas CV atau PT jelas lebih kuat secara hukum.

Setelah memilih pakar SEO apa yang harus anda lakukan?

Pada step ini, biasanya klien salah langkah. Terlalu percaya dengan penyedia jasa SEO. Setelah target tercapai, tidak pernah lagi menghubungi pihak penyedia jasa.

Ini salah.

Setelah target tercapai, harus tetap menghubungi pihak penyedia jasa. Sekedar untuk ngobrol santai. Atau bahkan undangan ngopi (kalau dekat).

Treatment seperti itu terbukti bisa menjaga keintiman antara penyedia jasa dan juga klien.

Keintiman tersebut bisa mencegah penipuan. Atau lari dari tanggung jawab.

Ingat, bisnis saat ini sudah banyak yang beralih ke pemasaran digital. Kalau bukan sekarang memulai, lalu kapan lagi? Anda yang mau memasarkan via digital sangat perlu tips memilih jasa SEO di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *