Sayur Arugula, Kaya Nutrisi dan Manfaat

  • Whatsapp

Sayur arugula mungkin sedikit asing ditelinga kita. Tidak seumum sayuran lokal seperti sawi, kangkung, kubis, bayam, dan sayuran umum lainnya yang bisa kita temukan dipasaran.

Arugula juga masih berkeluarga dengan kubis atau termasuk dari keluarga Brassicacae. Arugula masih kerabat dengan kembang kol, bayam dan lobak. Tanaman arugula sekilas mirip seperti halnya kangkung dan tampak seperti selada.

Sayur arugula berasal dari wilayah Mediterania,Maroko Portugal di Barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di Timur.

Sayur arugula
Tanaman arugula yang kaya nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. Foto: kebun.co.id

Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa arugula memiliki sebutan berbeda di tiap daerah. Seperti dalam bahasa Inggris disebut roket atau rocket salad arugula. Di Rusia disebut indau. Dalam bahasaa Perancis disebut roquette. Di Turki: roka, sedang dalam negara Italia rucola atau ruchetta, dan di ArabĀ  jarjir.

Kandungan nutrisi arugula.

Kandungan nutrisi yang terdapat di tanaman Arugula dalam 100g daun Arugula mengandung Askorbinka, 1,8 mg vitamin A , 48 mg vitamin B9. Selain itu Arugula kaya akan unsur kalium (220 mg), Kalsium (77mg) Magnesium (40 mg) , Yodium (hingga 8mg), Zat besi (hingga 0,6 mg).

Manfaat sayur arugula untuk kesehatan

Tanaman arugula, adalah sumber klorofil Alkoksida dan Detoksifikasi yang sangat baik bagi kesehatan. Seperti halnya brokoli, yang mana sayuran ini bisa sebagai obat kanker. Arugula juga memiliki manfat yang sama. Bisa mencegah dan mengatasi pertumbuhan sel kanker, utamanya adalah kanker Paru dan kanker usus besar.

Dilansir dari healwithfood.org menurut sebuah studi yang didanai Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Pedesaan Australia (RIRDC Tanaman atau daun Arugula hijau diperkirakan memiliki lebih banyak pontensi anti kanker dari pada sayuran yang biasa dikonsumsi masyarakat pada umumnya.

Menurut studi juga menyatakan bahwa arugula bisa memperlambat pelepasan glukosa dari karbohidrat kedalam aliran darah selama proses pencernaan. Dikutip dari diabetesmealplant.com, arugula dapat membantu dalam mangatur diabetes.

Disebut juga sebagai salah satu sayuran hijau yang memiliki komponen nomor satu untuk diabetes yang sehat. Arugula mengandung antioksidan tingkat tinggi yang bermanfaat untuk penderita diabetes.

Manfaat herbal lain diantaranya bisa meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah osteoporosis, menjaga penglihatan mata, membantu proses diet, membantu penyerapan mineral, menjaga kesehatan jantung, mengobati penyakit ulkus, melindungi ginjal, mengobati anemia, meningkatkan gairah sek pria, dan melancarkan pertumbuhan janin.

Orang orang barat seringkali menggunakan daun arugula sebagai campuran salad, nurger, taburan sup atau diaduk dengan pasta bisa juga menjadi toping pizza. Daun arugula yang memiliki rasa sedikit pahit sangat cocok dipadukan dengan saus agak asam dan keju.

Seiring perkembangan zaman dan waktu dan trend gaya hidup sehat yang berkembang akhir akhir ini. Membuat tanaman arugula seringkali dicari. Beberapa wilayah di Indonesia sudah ada yang membudidayakan sayuran Ini secara organik. Dipasar tradisional memang agak sulit untuk menemukan sayuran Arugula namun Anda masih bisa menemukan sayuran ini, misal di Minimarket atau Supermarket dan toko toko online.

Dampak buruk konsumsi arugula berlebihan.

Arugula memang salah satu sayuran yang dipercaya banyak memiliki khasiat untuk kehidupan manusia. Akan tetapi mengonsumsi daun Arugula bila kelebihan justru memiliki efek yang berbeda. Arugula yang mengandung asam oksalat, mengonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan batu ginjal. Arugala yang memiliki rasa khas sedikit pahit dan agak pedas. Hal ini bisa menimbulkan iritasi ringan ditenggorokan.

Dan dikarenakan adanya Sulforaphane didalam kandungan Arugula. Mengonsumsi tanpa dimasak bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman atau kram pada perut dan diare. Tidak dianjurkan bagi orang dengan kelainan darah, Sebab arugula mengandung K yang bisa menyebabkan pengumpalan darah.

Demikianlah mengenai seputar sayur arugula beserta manfat, khasiat dan efek samping yang perlu anda ketahui bersama.

Semoga menambah wawasan anda mengenai tanaman arugula.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments