Penggunaan Mulsa Jerami Padi Dalam Pertanian

Kalau lagi berkebun, ada saja masalah. Terutama berkebun organik. Adanya masalah tersebut, berbuah inovasi. Contohnya penggunaan mulsa jerami padi pada tanaman. Inovasi ini untuk menjawab masalah penggunaan mulsa plastik yang mahal dan menimbulkan pencemaran.

Sebelum membahas lebih detail tentang penggunaan mulsa jerami padi, sudah paham kan apa yang dimaksud mulsa?

Mulsa merupakan media penutup tanah yang biasanya terbuat dari plastik. Tujuan penggunaan mulsa plastik tersebut untuk mengontrol pertumbuhan gulma atau tumbuhan pengganggu. Kalau tanah ditutup plastik, tentu menghambat pertumbuhan gulma karena tidak ada jalan tumbuh bagi tumbuhan untuk menjulang. Selain itu juga dapat mengontrol kelembaban tanah. Tanah yang ditutup mulsa, akan lebih lama dalam menyimpan air karena penguapan terhambat.

Harga mulsa plastik cenderung mahal, dan bagi petani organik, mulsa plastik malah menimbulkan pencemaran lingkungan. Limbah bekas mulsa tersebut sulit diuraikan. Hal ini perlu adanya bahan pengganti mulsa plastik tersebut. Salah satu bahan pengganti mulsa plastik adalah jerami padi.

Cara penggunaan mulsa jerami padi

  • Siapkan jerami padi yang sudah tidak digunakan, usahakan jerami yang bagian pangkal, karena lebih mudah ditata dan dapat menyerap serta menyimpan air.
  • Sebarkan benih pada lahan.
  • Tata yang rapi jerami padi tersebut pada lahan yang sudah ditebari benih.

Mulsa jerami ini tidak 100 % sempurna. Penggunaan mulsa jerami padi juga tetap memiliki kelemahan dan kelebihan.

Kelemahan Mulsa Jerami Padi

  • Lahan terlihat kotor.
  • Tidak bisa bertahan lama dibandingkan mulsa plastik.
  • Mengundang ayam untuk menceker-ceker.

Kelebihan Mulsa Jerami Padi

  • Harga murah bahkan tidak perlu beli.
  • Kalau rusak bisa menjadi pupuk, tidak mencemari lingkungan.

Dukung kami untuk terus menulis tentang agribisnis dan lingkungan, dengan cara membaca tulisan kami yang bisa dilihat di DAFTAR ISI. Jika bermanfaat silahkan di share. Bagi Anda yang ingin berbelanja di kami, bisa buka TOKO kami untuk melihat daftar harga produk kami.

Terima kasih ^_^

Bang Mimin :