Mengenal Kacang Amazon dari Amerika Selatan

  • Whatsapp

Kacang amazon memiliki nama latin Bunchosia argentea. Sebutan lain untuk kacang ini adalah kacang mentega atau peanut butter fruit.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Oleh karena itu disebut kacang amazon.

Meskipun berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini dapat tumbuh di luar daerah asalnya, dengan syarat tanaman ini ditanam pada ketinggian 100 hingga 2600 meter di atas permukaan laut. Hal ini juga berarti bahwa kacang unik tersebut bisa tumbuh di Indonesia dengan baik.

Di Indonesia, tanaman ini tergolong langka. Masih banyak yang belum tahu cara menanam, cara mengolahnya, serta manfaatnya. Oleh karena itu,  kami akan memaparkan perihal kacang tersebut, agar masyarakat Indonesia bisa memanfaatkannya.

Morfologi kacang amazon

Bentuk daun berberbentuk oval. Tulang daun berbentuk menyirip, serta sisi daun bergelombang. Ujung daun lancip.

Bunchosia argentina termasuk tumbuhan berkayu,  namun batang tidak tumbuh membesar dan  tumbuhan ini bisa hidup dengan mencapai ketinggian 5 hingga 20 meter. Sehingga tergolong jenis perdu.

Kacang amazon
Gambar bentuk buah, bunga, dan daun kacang amazon: dokpri

Manfaat kacang mentega

Buah yang sudah matang memiliki daging buah ywng lembek dan punel. Mirip mentega. Mungkin karena teksturnya yang seperti mentega, tanaman ini di luar negeri disebut peanut butter fruit.

Daging buahnya bisa langsung di makan. Atau dibuat selai. Bisa juga dibikin jus.

Adapun bijinya, bisa disangrai kemudian dikonsumsi. Rasanya mirip dengan kacang mete. Satu pohon dapat menghasilkan 2-3 kg buah tiap kali panen.

Cara Budidaya Kacang Amazon

Tumbuhan kacang mentega dapat dikembangbiakkan dengan biji. Butuh waktu sekitar 2 tahun agar tanaman ini berbuah.

Ada juga cara lain untuk mengembangkan kacang tersebut, yakni dengan stek maupun cangkok. Cara ini lebih cepat menghasilkan buah dibanding tanaman yang tumbuh dari biji.

Perawatan terhadap tanaman tersebut sangat mudah. Hanya menyiram secara berkala dan memberi pupuk organik (kompos, kotoran sapi, kotoran kambing) sebulan sekali. Selain itu juga pemangkasan (pruning) cabang-cabang yang tidak penting.

http://imgur.com/PQCWh6t

Usaha budidaya peanut butter fruit memiliki potensi yang bagus, karena belum banyak pesaing. Apalagi usaha di bidang pengolahan daging buah dan biji. Masih sangat terbuka lebar.

Tertarik dengan kacang amazon? Bisa hubungi kami ya di nomor 082334757751

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment