Cara Mengusir Burung Pemakan Padi

Cara mengusir burung pemakan padi yang dilakukan petani ada beberapa cara. Petani harus bisa memilih cara yang paling efektif dan efisien agar hasil panen tetap maksimal. Berikut ini saya paparkan metode mulai yang tradisional hingga yang modern.

1. Menggunakan plastik/kresek.
Plastik atau kresek digantung pada tali yang di pasang di atas hamparan padi. Tali yang dibentangkan tidak hanya satu, melainkan banyak, sebisa mungkin bisa menjangkau seluruh hamparan padi. Semua bentangan tali dihubungkan jadi satu. Biasanya, pangkal dari semua tali akan berada di gubuk petani. Petani berjaga digubuk. Kalau ada burung yang mulai memakan padi, pangkal dari semua tali ditarik-ulur, sehingga plastik/kresek akan berbunyi dan menakut-nakuti burung pemakan padi.

Cara mengusir burung pemakan padi
Kresek pengusir burung pemakan padi: targetabloid.co.id

Cara mengusir burung pemakan padi ini efektif tapi kurang efisien, karena terlalu menyita waktu petani untuk fokus menjaga padi sepanjang hari sehingga tidak bisa mengerjakan kerjaan lainnya.

2. Menggunakan Kaleng.
Cara merangkai kaleng dengan cara berikut. Beberapa kaleng diberi tali. Tali dari beberapa kaleng diikat jadi satu kemudian digantung pada tali utama yang dibentangkan di atas hamparan padi. Sistem kerja kaleng sama dengan plastik/ kresek, sehingga bergantung penuh pada penjaga kaleng. Metode ini efektif tapi kurang efisien sama dengan metode plastik.

3. Menggunakan orang orangan sawah.
Metode orang-orangan sawah memang unik dan petani jaman dulu menilai metode ini yang paling efektif. Orang-orangan sawah terbuat dari bambu atau kayu sebagai kerangka, kemudian jerami atau pakaian bekas dijadikan pelapis rangka agar menyerupai bentuk manusia. Tahap terakhir adalah memasang baju dan asesoris yang menyerupai manusia.

Cara mengusir burung pemakan padi
Orang-orangan sawah: kompasiana.com

Orang-orangan sawah dianggap dapat menggantikan peran manusia, dan dianggap burung pipit takut dengan orang-orangan sawah. Namun kenyataannya, burung pipit tidak takut, malah ada yang hinggap di orang-orangan sawah. Cara mengusir burung pemakan padi dengan orang-orangan sawah tidak efektif dan efisien.

4. Menggunakan jaring.
Sekarang jaman sudah beda. Manusia berpikir soal efektif, efisien dan praktis dengan apa yang dilakukannya. Termasuk dalam mencari cara mengusir burung pemakan padi, akhirnya diciptakannya jaring untuk menghalangi burung menyerbu padi.

Cara mengusir burung pemakan padi
Jaring untuik mengusir burung pemakan padi: bukalapak.com

Jaring ini tidak bisa dilalui oleh burung pipit karena lubangnya kecil. Jika burung maksa masuk, bisa-bisa nyantol di jaring dan akhirnya mati. Cara masangnya dengan di gelar di atas hamparan padi, usahakan ada penyangga jaring agar tidak nempel langsung dengan padi. Percuma dipasang kalau jaring bersentuhan dengan malai padi, tetap aja di serbu. Penggunaan jaring sangat efektif dan efisien. Petani tidak perlu menjaga sawah tiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *