Cara Budidaya Maggot/ Belatung Untuk Pakan Ternak

  • Whatsapp

Cara budidaya maggot sangat mudah. Hanya menggunakan sampah basah, dengan sedikit sentuhan perlakuan. Dan tentunya harus berani jijik saat memutuskan budidaya maggot.

Maggot sering juga disebut belatung. Jenis belatung yang berasal dari lalat BSF (Black Soldier Fly). Lalat yang usianya sangat pendek. Betina akan mati setelah bertelur.

Cara Budidaya Maggot dengan Mudah

1. Siapkan sampah basah sisa buah, sayur, nasi,p roti, dan sejenisnya.

2. Letakkan dalam drum/tong. Tutup bagian permukaan dengan serasah daun pisang kering sebagai tempat bertelurnya lalat BSF. Biarkan sekitar seminggu dalam kondisi terbuka.

3. Setelah seminggu dalam kondisi terbuka, tong/drum boleh ditutup. Tapi, penutup wajib diberi lubang sebagai jalan keluar masuknya udara untuk pernapasan belatung/maggot.

4. Biarkan selama kurang lebih 2-4 minggu. Saat belatung sudah muncul, biarkan hingga jumlahnya semakin banyak.

5. Jika sudah banyak, tinggal menunggu mau diapakan si maggot ini.

 

Cara ternak maggot

Mau dibiarkan saja atau dijadikan uang. Itu pilihan. Kalau mau dijadikan uang, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan.

Bisa langsung dijual kiloan untuk pakan unggas atau ikan. Bisa juga ke pabrik pellet yang berbahan baku maggot.

Bisa juga digunakan sebagai pakan lele, ayam, atau hewan ternak sendiri, yang nantinya hewan tersebut bisa di jual.

Jika memiliki stok maggot melimpah, dan tidak habis untuk pakan sendiri, bisa di awetkan degan cara dibuat pelet. Pellet ini nantinya juga bisa dijual seperti pelet dengan bahan dasar tepung ikan. Adapun caranya sebagai berikut.

Pertama, larva yang telah memasuki fase Pre pupa (larva/belatung dalam kondisi tua menginjak masa menjadi kepompong), dimatikan dengan cara dioven sampai kering. Kemudian digiling, dan dijadikan serbuk.

Proses selanjutnya adalah mencampur serbuk larva bersama dengan bahan-bahan lain yang diperlukan untuk membuat pelet seperti dedak, bekatul, air, dan tepung kanji dengan perbandingan tertentu. Jangan lupa diaduk secara merata. Menggunakan mesin pengaduk merupakan alternatif yang baik jika jumlah bahan pelet banyak.

Setelah tercampur dengan baik, kemudian dicetak, dikeringkan, dan dibentuk menjadi ukuran standar pelet pakan ikan.

Pelet yang sudah jadi bisa dijual atau disimpan untuk stok pakan ikan/ unggas.

Jangan anggap remeh soal cara budidaya maggot ini, karena merupakan sumber pakan baru dengan gizi tinggi dan mudah dibudidayakan.

Dukung kami untuk terus menulis tentang agribisnis dan lingkungan, dengan cara membaca tulisan kami yang bisa dilihat di DAFTAR ISI. Jika bermanfaat silahkan di share. Bagi Anda yang ingin berbelanja di kami, bisa buka TOKO kami untuk melihat daftar harga produk kami.

Terima kasih ^_^

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *