Bagian Brokoli yang Enak Dimakan

Bunga dan bonggol brokoli: Cak Ito

Brokoli merupakan salah satu jenis sayur primadona yang banyak diminati. Apalagi brokoli organik, kian diminati konsumen organik. Kandungan gizi yang banyak dan rasa yang lezat menjadi alasan mengapa brokoli menjadi sayur bak primadona dibanding jenis sayur lain. Namun, pada umumnya penggemar brokoli hanya memasak bunga brokoli saja, padahal ada beberapa bagian brokoli yang enak dimakan.

Berbeda dengan sayur lain yang kebanyakan dinikmati daunnya, brokoli merupakan sayur yang pada umumnya dinikmati bunganya. Bunga brokoli berwarna hijau. Letaknya di bagian ujung batang dan bergerombol. Semakin tua, bunga akan menguning dan rontok. Bunga brokoli yang lezat adalah bunga yang masih muda. Sedikit rasa manis dan tekstur renyah jika mau mencicipi brokoli mentah.

Bonggol brokoli juga enak dimakan lho. Bonggol brokoli merupakan batang brokoli yang menggembung. Letaknya di bagian pangkal bunga. Untuk memasak bonggol brokoli tidak bisa langsung memasak. Bagian kulit batang/bonggol harus dikupas dulu sampai ditemukan bagian dalam yang memiliki tekstur renyah. Jika dimakan mentah, bagian ini terasa lebih manis dibandingkan bunga.

Bagian brokoli yang enak dimakan selain bunga dan bonggol adalah tunas lateral yang tumbuh di ruas-ruas batang. Di jawa, tunas lateral biasa disebut siwilan. Untuk memperbanyak siwilan, biasanya setelah bunga brokoli dipanen. Jika dibiarkan, maka akan tumbuh tunas lateral di ruas batang (ketiak daun).

Bunga dan bonggol brokoli dapat dimakan mentah dengan cara dibuat jus atau smoothies. Tentunya harus dimix dengan buah yang rasanya manis. Rasa sengir khas sayur biar tertutupi oleh manisnya buah. Atau bisa juga dimasak tumis, capjay atau aneka masakan lain. Adapun tunas lateral, sebaiknya dimasak karena lebih berasa sengir.

Sebagian besar masyarakat, menjual brokoli beserta bonggolnya. Termasuk di supermarket. Bagi anda yang membeli brokoli tersebut, jangan membuang bonggolnya. Sayang kalau beli mahal-mahal tapi dibuang. Apalagi belinya brokoli organik. Sayang banget kalau kebuang.

Bagi anda penggemar brokoli, selamat mencoba bagian brokoli yang enak dimakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jika ingin mendapatkan brokoli sehat (budidaya secara organik), bisa belanja di orgomedia ya. Cara belanjanya mudah tinggal hubungi contact personnya melalui whatsapp.

Bang Mimin :