Buah Cranberry Mampu Atasi Anyang-anyangan.

(Tanaman Cranberry: picsearch.com)

Buah cranberry mampu atasi anyang-anyangan. Baru dengar nama buah cranberry ya? Wajar, namanya juga bukan buah lokal Indonesia. Ini buah bule alias buah luar Indonesia, tepatnya tersebar di negara-negara benua Amerika dan Eropa. Cranberry merupakan tanaman yang serumpun dengan stroberry, blueberry dan buah berry lainnya. Karena serumpun, jelas memiliki banyak ciri yang sama. Ternyata, buah cranberry mampu atasi anyang-anyangan (sering kencing dalam jumlah sedikit).

Ciri tanaman cranberry mirip dengan stroberry, dengan cara tumbuh yang menjalar.  Namun buah cranberry berbentuk bulat dengan permukaan halus, berbeda dengan stroberry yang berbentuk lonjong dan dengan permukaan buah yang berlubang-lubang.

Cranberry ini merupakan tanaman yang cocok tumbuh di daerah dingin. Kalau di Indonesia mungkin bisa tumbuh tapi dengan pertumbuhan yang kurang maksimal. Kecuali cranberry sudah diadaptasikan untuk daerah tropis seperti Indonesia. Cara adaptasinya bisa melalui rekayasa genetika, dimana gennya di ubah agar bisa beradaptasi di daerah tropis.

 Baca juga: Atasi Permasalahan Limbah Sawit dengan Budidaya Jamur Merang

Rasa buah cranberry juga mirip dengan stroberry, ada rasa asam dan manis. Rasa unik dari cranberry tersebut, membuat banyak orang yang ingin menikmati buah ini baik itu dikonsumsi langsung, dijus, atau digunakan sebagai campuran makanan. Banyak yang ingin mencicipi, tapi harga yang lumayan tinggi. Kalaupun mau menanam sendiri juga terkendala dengan adaptasi cranberry yang biasa hidup di daerah dingin dengan empat musim. Kalau ditanam di Indonesia bisa-bisa tidak tumbuh.  Kalaupun tumbuh, tidak bisa berbuah. Serba repot untuk mendapatkan buah ini.

(Buah cranberry: picsearch.com)

Cranberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, tinggi serat, mineral, dan senyawa flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin serta mengandung senyawa fitokimia. Dari sekian banyak kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ada satu senyawa yang perlu dilirik yaitu antosianidin. Senyawa ini mampu mencegah pertumbuhan mikroba penginfeksi saluran kemih yang biasanya menyebabkan anyang-anyangan.

Adanya senyawa antosianidin atau sering disebut dengan proanthocyanidins, membuat buah cranberry mampu atasi anyang-anyangan. Bahkan sekarang sudah ada produk herbal di Indonesia yang berbahan cranberry. Jadi tidak perlu bingung cari cranberry. Salah satu obat herbal yang bisa dijumpai di apotek-apotek terdekat adalah prive uri-cran.

Bang Mimin :